Sejak ditemukannya kasus kasus Covid-19 pertama pada Maret 2020 di Indonesia dan dinyatakan pandemi oleh pemerintah, maka semua fasilitas kesehatan yang ada telah berupaya menangani penyebaran virus tersebut, begitu pula halnya dengan Puskesmas Kampung Bugis. Sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama di wilayah Kecamatan Kota Tanjungpinang, Puskesmas Kampung Bugis bersama Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana, TNI, Kepolisian  serta Pemerintah Kota Tanjungpinang secara sinergis melakukan tanggap darurat pandemi Covid-19 di masyarakat.

 

Adapun pelayanan bagi pasien yang terkonfirmasi Covid-19 di wilayah kerja Puskesmas Kampung Bugis dalah sebagai berikut :

  1. Berdasarkan informasi dari DKP2KB terkait data pasien terkonfirmasi pada dokter koordinator Covid-19, lalu petugas menghubungi pasien tersebuut untuk pemberitahuan hasil pemeriksaan.
  2. Tim satuan tugas Covid-19 kelurahan turun mendatangi rumah pasien untuk melakukan tracing dan penyelidikan epidemiologi.
  3. Pasien terkonfirmasi Covid-19 yang tidak bergejala atau bergejala ringan harus melakukan isolasi mandiri (dirumah maupun ditempat yang telah ditentukan) selama 14 hari terhitung tanggal swab postifnya, diberi obat dan vitamin sesuai kebutuhan serta dipantau petugas puskesmas setiap hari.
  4. Khusus yang kontak erat dengan pasien diwajibkan pemeriksaan swab PCR di tempat yang telah ditentukan pada hari pertama dan kelima melakukan isolasi mandiri sampai hasil swab kedua keluar.
  5. Jika mengalami gejala berat dan perlu tindakan medis, maka pasien dirujuk ke rumah sakit rujukan.
  6. Setelah 14 hari isolasi mandiri dan tidak ada keluhan, maka pasien tersebut dapat berkativitas seperti biasa.